Jumat, 01 Juni 2012

BAGAIMANA MEMAJANG HASIL KARYA SISWA(GURU KREATIF)

Kreatif
Guru Profesional dan Kreatif adalah Agen Perubahan Bangsa

Jika anda guru yang perduli dengan cara untuk memotivasi siswa agar punya standar yang baik dalam proses belajarnya, silahkan cermati tips dibawah ini, Tips ini menjadi bagian dari workshop mengenai display yang saya bawakan di Sekolah Mentari Arridho Pulo Gebang Jakarta Timur. Silahkan menikmati juga rancangan display yang dibuat oleh guru dari berbagai macam tingkatan yang serius mengikuti workshop display ini;

    Gunakan waktu luang siswa untuk membantu anda membuat display atau pajangan di kelas. Ini mungkin tidak berlaku bagi kelas rendah yang berbahaya jika memegang gunting dan alat display lainnya, tapi untuk kelas besar mengapa tidak? Libatkan mereka saat membuat pajangan dikelas. Jadi jika siswa di kelas anda sudah selesai mengerjakan tugas minta ia menggunting dan melakukan pekerjaan menghias untuk kelas anda. Jika tidak terpakai langsung, silahkan gunakan amplop untuk menyimpan sehingga bisa digunakan pada papan pajangan kelas di tema berikutnya.
    Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim2

    Rancangan display yang ditujukan untuk pembelajaran imu sosial (IPS) mengenai pulau Jawa. Sebagai latar belakang guru menggambar peta pulau Jawa dengan pembesaraan dibantu dengan alat OHP. Perhatikan sudut-sudut display yang dihiasi oleh gambar tempat-tempat bersejarah di pulau Jawa.

    Daripada berulang kali mengingatkan siswa untuk mengoreksi kesalahan yang sama, buat tampilan display yang menjelaskan kesalahan dan prosedur yang benar seperti yang anda harapkan.

    Jika ada libur yang cukup lama misalnya di awal tahun, tutupilah hiasan kelas yang ada dengan koran. Ini untuk membuat warna-warna kertas tidak menjadi buram dan tidak bagus untuk dipandang. Apalagi jika kelas anda mempunyai jendela yang banyak dan berlimpah sinar matahari.
    Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim3

    Inilah karya para guru Iqra, sebuah paduan yang menarik dari nilai agama dan seni. Untuk display mengenai rukun Islam mereka menjadikan benda di luar angkasa sebagai latar. Usul saya jika display seperti ini di cetak dengan serius, bisa dijadikan display wajib di setiap kelas.
    Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim4

    Guru-guru kelas 3 tidak mau kalah mereka meminta siswa untuk menggambar silsilah keluarga mereka di lembar kerja lalu dengan latar belakang yang gelap menjadikan lembar kerja terlihat jelas. Perhatikan juga penggunaan pembatas display yang terbuat dari jalinan miniatur orang yang bersatu.

    Jika papan hiasan kelas anda terbuat dari papan, pastikan tutup papan tersebut dengan kertas terlebih dahulu baru kemudian letakkan hasil karya siswa. Jika papannya terbuat dari triplek yang keras gunakan selotip 2 muka alias bolak balik, atau selotip biasa saja dengan ukuran besar untuk kemudian di sambung hingga membentuk semua sisi yang memiliki daya rekat. Kertas yang digunakan untuk menutup papan bisa merupakan kertas baru atau kertas bekas yang digunakan kembali.

    Jika papan yang digunakan adalah papan yang terbuat dari serbuk gergaji yang dipadatkan, gunakan stepler gun untuk menempelkan keras penutup di papan dasarnya.

    Buatlah hiasan yang menarik untuk pinggiran papan pajangan. Bisa gunakan jertas yang digunting dengan membentuk pola, atau daun kering dan ranting pohon kecil sesuai dengan tema karya siswa anda.

    Gunakan judul yang bisa dilihat dari jauh dan jenis huruf yang tidak neko-neko. Artinya gunakan jenis huruf yang biasa saja dan gampang dibaca. Walaupun bagus huruf yang melingkar-lingkar apalagi dalam ukuran yang kecil akan mengaburkan makna.

    Ingat tidak semua papan hiasan di kelas harus penuh dengan dekorasi. Jika ini yang anda pikirkan maka sepertinya tugas anda tidak akan selesai-selesai. Bagilah menjadi 2 bagian pajangan hiasan yang sesuai dengan tema di pelajaran kelas dan pajangan yang sifatnya meneguhkan prosedur, daftar rutinitas atau peraturan di kelas. Untuk yang terakhir, silahkan anda menghias seperlunya saja. Bahkan untuk menempel artikel koran, majalah atau buku, ide-ide yang sifatnya up to date, kartun karya siswa yang lucu-lucu anda boleh menggunakan papan kosong saja.
    Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim5

    Display bagi kelas play group dan TKA, gambar buah-buahan yang dikerjakan oleh siswa diletakkan dengan latar belakang berbentuk keranjang buah.

    Hampir semua software komputer bisa digunakan untuk membuat pajangan di kelas jika anda mau silahkan gunaka Ms Publisher untuk membuat banner untuk judul yang besar.
    Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim6

    Kelompok guru yang mengerjakan rancangan display ini menjadikan kertas krep sebagai andalam dalam emmbuat latar belakang yang membentuk menjadi tirai. Sebuah upaya yang serius dalam menjadikan display sebagai hal yang menarik di kelas. Cocoknya display ini digunakan untuk menempel topik yang diajarkan di kelas dalam waktu cukup lama. Mengingat pengerjaan display ini yang memakan waktu.

    Daripada menggunakan printer warna untuk mencetak pajangan kelas yang besar, silahkan gunakan OHP untuk menyorot gambar yang anda inginkan dari jauh hingga anda bisa lengsung mengikuti atau menjiplaknya, untuk warnanya, silahkan bersama-sama dengan siswa mewarnai.

    Papan pajangan kelas tidak hanya berisi karya siswa, bisa saja anda muat konsep-konsep yang perlu siswa ketahui dan bisa menjadi bahan atau alat bantu mengajar dikelas.
    Pelatihan display untuk guru sekolah Arridho Jaktim7

    Tangan-tangan yang melambai, melambangkan peran serta siswa sebagai anggota komunitas. Jika ingin rancangan ini diwujudkan siswa memerlukan untk mencetak sendiri tanganya dan menuliskan hal apa yang menurut mereka dipersyaratkan sebagai anggota komunitas yang baik

    Bosan dengan papan display 2 dimensi? silahkan mencoba dengan papan display 3 dimensi. Benda-benda seperti bulu, bunga kering , daun kering, kain perca, topeng, topi, kostum, manik-manik dan sebagainya semuanya dapat dimasukkan ke dalam papan buletin Anda.  Silahkan juga bereksplorasi mengggunakan  menggunakan beberapa tekstur untuk membuat papan pengumuman lebih menarik.

    Taruhlah  pertanyaan harian, teka-teki, atau teka-teki bagi siswa untuk dieksplorasi ketika mereka memasuki ruangan yang berhubungan dengan topik yang akan dipelajari hari itu. ini akan membuat siswa terlibat dan membuat papan hisa anda di kelas menjadi interaktif, untuk jawaban dari pertanyaan yang anda ajukan silahkan anda letakkan dikantong atau tutupi dengan kain atau kertas.

    Gantung jemuran di salah satu dinding ruangan Anda, sampirkan siswa ‘kertas ke baris dengan jemuran

    Untuk bahan pembatas papan hias anda silahkah gunakan bahan dan ide-ide kreatif untuk dimasukkan ke dalam batas yang unik. kain, permainan potongan, sutra bunga, pita, daun, kartu ucapan, atau foto-foto semua bisa dimasukkan sebagai batas papan hiasan.

    Sebuah papan hiasan bukan sekedar pajangan, artinya silahkan gunakan juga sebagai alat pembelajaran dan sarana memotivasi siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar