Jumat, 01 Juni 2012

BAGAIMANA MENGAJUKAN PERTANYAAN

Mungkin anda kurang memperhatikan dan bila anda mengajukan pertanyaan mungkin pertanyaan itu nampaknya akan menunjukan kebodohan anda. anda sendirilah dalam ruangan kuliah yang menghadapi masalah ini. dalam hal ini, anda hanya menunggu apa yang terjadi kemudian, lain persoalanya bila anda mengikuti perkuliahan dengan seksama. mungkin anda dalam membuat catatan singkat, mendapatkan sesuatu hal yang anda tidaka tau pasti. hal ini terjadi karena anda tidak mengikuti jalanya pembukaan, tetapi karena cara berpikir anda tidak sejalan dengan pemikiran dosen, walaupun anda memang berusaha untuk dapat mungkin memahaminya. pertanyaan yang anda ajukan harus berbentuk pertanyaan yang baik. pertanyaan inilah yang anda harus ajukan kepada dosen. bila mana anda mengajukan pertanyaan pada saat yang tepat, tentu tidak akan ada seorang dosen pun yang merasa dirinya terganggu oleh pertanyaan anda. janganlah anda bertanya di waktu di adakannya penjelesan, tetapi tungullah pada saat yang abik. kebanyakan dosen akan memberi pertanyaan keapada mahasiswa untuk bertanya. inilah suatu kesempatan yang sangat baik. walaupun dosen tidak memberi kesempatan untuk bertanya tetapi ada saat-saat tertentu yang tanpa menganggu jalanya kuliah anda dapat mengajukan pertanyaan.. Dengarkanlah jawabanya secara seksama dan teliti apakah masalahnya menjadi jelas bagi anda.. jika tidak demikian halnya, lanjutkan dengan pertanyaan lain sampai segala sesuatunya jelas benar. buatlah catatan singkat untuk pertanyaan anda demikian juga jawaban yang di berikan oleh dosen. Jangan lupa anda juga harus banyak belajar dari pertanyaan yanh di ajukan oleh teman anda. Bilamana tidak, berarti penting juga untuk mendengarkan jawaban pertanyaan itu.

 

Bila anda mengajukan pertanyaan dengan sopan dan hormat serta dengan cara yang baik, maka pertanyaan dapat saja di ajukan dalam waktu kuliah sedang berlangsung, akan tetapai ada beberapa dosen yang tidak senang dengan terganngunya kuliah.jangan lupa bahwa suatu pertanyaan yang baik, tentu berguna juga untuk semuanya.

Apabila bahan kuliah itu sukar, cobalah bersama dengan beberapa teman untuk meneliti persoalan mana yang sukar dengan jalan demikan anda kan dapat menyusun dengan pertanyaan-pertanyaan yang baik. akan tetapi bila mana anda denhan suatu usaha dapat lebih mudah menghadapi tentamen anda dengan berhasil, maka usaha itu kira-kira tidak sia-sia. hal itu pasti bermamfaat sekali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar