Jumat, 01 Juni 2012

ASISTENSI

D. ASISTENSI
    Pada beberapa mata kuliah, kadang-kadang suatu  rangkaian kuliah, masih di berikan asistensi oleh pembantu dosen tersebut. Dalam situasi yang ideal maka dosen memberikan hal-hal yang bersifat teori, sedangkan asistensi menangani masalah yang bersifat praktis. Kadang-kadang  proses ini terpisahkan secara tajam, bahkan malahan dapat bercampur baur. Ini berarti bahwa komunikasi antara dosen dan asistensi tidaklah secara optimal. Sebagai mahasiswa anda akan memperoleh kesulitan karenanya.
    Untuk itu sebaiknya anda mintakan penjelasanya. Usahakanlah untuk mengetahui  apa yang dikerjakan dosen dan apa pula yang bakal dilaksanakan oleh asistensi nya. Kalau anda mengetahui cara kerjanya, maka anda tahu apa yang akan dikerjakan maka anda akan tahu apa yang akan terjadi dan diharapkan. Asistensi yang ideal adalah di tujukan kepada hal-hal yang praktis, waktukerja dengan asistensi berjalan seperti biasa. Anda akan dapat tugas untuk dikerjakan dirumah. Kerjakanlah tugas rumah itu secepat mungkin setelah anda mendapatkanya.
    Kebanyakan tugas-tugas yang harus anda kerjakan tidak diperiksa. Pekerjaan ini diberikan untuk dapat melihat bagaimana itu anda menekuninya. Teliti diri anda secara secermat mungkin, apkah anda sungguh menekuni masalah sampai sekecil-kecilnya yang dapat berguna bagi anda sungguh  menekuni masalah sampai sekecil-kecilnya.
    Usahakan supaya anda mengerti betul tugas yang diberikan kepada anda. Hal ini sangat penting bagi anda. Jaganlah anda  katakana bahwa anda telah mengerti dengan semua yang dimaksud, sedangkan anda tidak tahu secara tepat apa yang di inginkan oleh seorang asisten. Kebanyakan mahasiswa segan untuk menunjukan bahwa ia sebenarnya  belum mengeertiakan tugas yang akan dibebankan kepadanya. Usahakan bahwa anfda dapat tugas yang jelas atau yang anda ketahui secara pasti dan konkret. Anda tidak akan dapat mengetahui pakah anda telah melaksanakan dengan baik atau seksama. Suatu tugas harus oprasional atau dapat dilakasanakan. Artinya harus jelas yaitu:
1.    Apa yang harus dikerjakan
2.    Alat bantu apa saja yang boleh dipergunakan
3.    Bilaman pekerjaan harus selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar